Tinggi, Hasil Panen Jagung Hibrida di Berbah

Kelompok Tani Ngudi Rahayu Pajangan melakukan panen jagung hibrida di area tanam seluas 8 ha, dengan hasil ubinan jagung 14, 5 ton/ha tongkol dan untuk jagung pipil nya 10, 5 ton/ha. Benih jagung yang ditanam diperoleh dari benih hibrida bantuan pemerintah. Panen dilakukan pada hari Selasa, 5 November 2019.

Sekretaris Camat Berbah, Edhi Margono yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, “Hasil panen jagung cukup menggembirakan, hasil cukup banyak. Saat ini harga jagung per kg Rp4.100, turun 100 rupiah dari harga sebelumnya Rp4.200. Hal ini dikarenakan terjadinya panen raya jagung”. Edhi juga menambahkan bahwa jika terjadi permasalahan dalam hal pemasaran, kelompok tani dapat melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sleman.

Sementara itu Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Sleman, mengatakan bahwa meskipun hanya mengandalkan stimulan benih dari rata-rata hasil panen jagung di Kecamatan Berbah tinggi, sedangkan rata-rata Kabupaten Sleman hanya 6-7 ton/ha. Dengan panen raya ini diharapkan menjadi contoh bagi petani lain agar mau menanam jagung di masa tidak tanam padi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.