Posyandu Akan Dilaksanakan Kembali Juli 2020 Dengan Protokol Kesehatan

Berdasarkan rapat koodinasi Posyandu di Pendapa Kepanjen Kecamatan Berbah, 16 Juni 2020, diputuskan bahwa kegiatan Posyandu di Kecamatan Berbah akan dimulai lagi pada bulan Juli 2020. Rakor Posyandu yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas, Ketua TP PKK Kecamatan Berbah, para kader posyandu serta bidan desa tersebut memutuskan dimulainya kegiatan Posyandu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti : memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Keputusan tersebut diambil mengingat selama pandemi Covid-19, kegiatan Posyandu dihentikan sementara  sehingga pemantauan tumbuh kembang balita dan deteksi dini penyakit pada balita juga terhambat. Kepala Puskesmas Berbah, dr. Hari Pratono mengatakan bahwa Posyandu sangat bermanfaat untuk melakukan pemantauan dan detelsi dini tumbuh kembang balita. Para kader dan bidan desa pun juga mengungkapkan bahwa warga masyarakat yang memiliki balita mempertanyakan kapan dimulainya kegiatan posyandu.

Sedangkan Ketua TP PKK Kecamatan Berbah, Dr. Ane Permatasari menyampaikan bahwa jika sudah terdapat grup whatsapp Ibu dan Balita maka sebaiknya ditempuh cara pendaftaran terlebih dahulu via grup dan memilih waktu yang dapat dihadiri. Dengan demikian maka peserta posyandu dapat datang bergantian berdasarkan shift yang disepakati. Sementara itu untuk mengantisipasi jika terdapat ibu balita yang sakit yang ingin ke Posyandu maka Ibu balita sebaiknya pergi ke bidan desa, namun jika balita yang sakit maka akan dilakukan jemput bola.

Recommended For You

About the Author: Aan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.