Pembinaan Rohani Karyawan Kecamatan Berbah

Segenap karyawan karyawati Kantor kecamatan Berbah mengikuti pembinaan rohani dan pengajian di bulan Ramadhan 1440 Hijriyah di Aula Lantai II Kantor Kecamatan Berbah, 10 April 2019.  Pengajian tersebut juga dihadiri para pendamping PKH serta beberapa staf dan kaum rois KUA Kecamatan Berbah.

Pengajian diisi tausiyah oleh penyuluh KUA, Muhammad Anis yang menjelaskan mengenai  bulan Ramadhan yang memiliki beberapa nama lain yang sesuai dengan arti yang dikandungnya. Nama-nama lain Bulan Ramadhan yaitu sahrussiam yang berarti bulan menahan dari hal-hal yang membatalkan puasa. Sedangkan Sahrul ‘ibadah berarti bulan yang dianjurkan untuk memperbanyak ibadah mengingat pahala di bulan tersebut dilipatgandakan. Jika pada bulan biasa hanya dinilai satu kebaikan maka di bulan Ramadhan dinilai dengan seribu kebaikan.

Sahrussa’adah berarti bulan kemuliaan. Di bulan kemuliaan tersebut dijadikan semangat agar menjadi orang yang dimuliakan Allah karena tidak semua orang diberi hidayah oleh Allah untuk berbuat baik. Muhammad Anis menekankan bahwa orang yang memuliakan Bulan Ramadhan termasuk orang yang bersyukur.

Selanjutnya bulan Ramadhan juga disebut Sahrul Maghfirah, bulan penuh ampunan. Allah menjanjikan akan menghapus dosa hambanya yang bersyukur dan memohon ampunan Allah. Manusia wajib mengakui dosa dan kesalahannya serta mau mengampuni dosa saudaranya.

Recommended For You

About the Author: Aan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.