Pelatihan Pembuatan Kompos Skala Keluarga oleh FLH

Kapanewon Berbah bekerjasama dengan Forum Lingkungan Hidup Kapanewon Berbah menyelenggarakan pelatihan pembuatan kompos skala keluarga dan hipoplas (hidroponik plastik). Pelatihan berlangsung di Pendapa Kepanjen, Rabu, 24 Februari 2021 dengan narasumber Ibu Siti Maryamah, juara satu lomba daur ulang sampah dari banner Pilkada se-Kabupaten Sleman.

Pelatihan dihadiri oleh KPSM (Kelompok Pengelola Sampah Mandiri) se Kapanewon Berbah serta forum lingkungan hidup Kapanewon Berbah. Dalam penjelasannya, Siti Maryamah menyampaikan bahwa untuk mengelola sampah keluarga diperlukan perubahan pola pikir dan niat yang kuat. Selain itu juga harus dilakukan mulai sekarang, meskipun sedikit namun berkelanjutan. Siti Maryamah juga menjelaskan bahwa pengolahan sampah keluarga harus ditanamkan sejak dini khususnya anak-anak.

Pada kesempatan tersebut, Siti Maryamah juga mempraktekkan cara membuat pot tanaman dari bungkus bekas deterjen dan membuat hipoplastik (hidroponik plastik) dengan memanfaatkan plastik bekas, sedotan bekas dan sebagainya.

Recommended For You

About the Author: Aan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.