Gentong Banyu dan Gardu Bestari di Dusun Karongan, Jogotirto

Gentong Banyu kali ini berbarengan dengan Gardu Bestari (Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk, Pembersihan Tampungan Air dan Saluran Irigasi ) berlangsung di dusun Karongan, Jogotirto, Jumat 24 Januari 2020. Dalam kesempatan tersebut, Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT, menyatakan bahwa gerakan kebersihan baik Gentong Banyu maupun Gardu Bestari sangat besar manfaatnya karena merupakan upaya pencegahan terjadinya penyakit demam berdarah. untuk itu Camat juga menghimbau agar para kepala dukuh dapat menggerakkan masyarakat dalam upaya kebersihan lingkungan.

Sementara itu, senada dengan Camat berbah, Kepala Puskesmas Berbah, dr. Hari Pratono juga berpesan kepada masyarakat yang memelihara ternak agar bila ditemukan hewan mati mendadak untuk diselidiki terlebih dahulu sebab-sebab kematiannya. “Jangan langsung dikonsumsi, bilamana perlu langsung dikubur saja”, demikian tegas Hdr. Hari. hal tersebut dikarenakan akhir-akhir ini penyakit antraks muncul lagi.\

dr. Hari juga melaporkan berdasarkan pantauan para jumantik Puskesmas Berbah, di 3 RT di dusun Karongan tersebut, angka bebas jentiknya mencapai 82% dari target ideal 94%. Untuk itu masih perlu ditingkatkan perilaku hidup bersih masyarakat. dr. hari juga menyampaikan bahwa pada bulan Januari 2020 di Puskesmas berbah masih ditemukan 5 orang penderita DB, 2 orang diantaranya dari desa Sendangtirto, 2 orang dari desa Jogotirto dan 1 orang dari desa Kalitirto.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.