Angka Bebas Jentik Kaliajir Kidul Baru Mencapai 81,25%

Angka Bebas Jentik (ABJ) Dusun Kaliajir Kidul baru mencapai angka 81,25% dari standar yang seharusnya 95%. Angka ini terungkap ketika dilakukan gerakan memberantas sarang nyamuk (Gentong Banyu) di dusun Kaliajir Kidul pada Jumat, 15 November 2019. Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Berbah, dr. Hari Pratono, M.Kes, juga terungkap bahwa di salah satu RT di dusun Kaliajir Kidul tersebut ABJ-nya hanya tercapai 47%. Hal ini dikarenakan dari 17 rumah yang didatangi petugas jumantik, hanya 8 rumah yang bebas jentik.

Dari data tersebut, dokter Hari berharap agar masyarakat dapat semakin meningkatkan kebersihan lingkungannya, karena jika terdapat jentik dalam satu rumah berarti juga terdapat nyamuk dewasa yang berpotensi menularkan penyakit.

Sedangkan , Sekretaris Camat Berbah, Edhi Margono pada kesempatan tersebut menyampaikan agar warga Kaliajir Kidul khususnya, dan pada umumnya dapat menjaga lingkungan, mengolah sampah dengan baik dengan mengesampingkan sisi profitnya. Hal ini dikarenakan, kesehatan adalah satu hal yang mahal harganya sehingga harus ada upaya-upaya untuk menjaganya.

Gentong Banyu dihadiri oleh segenap jajaran Muspika Kecamatan Berbah, Petugas Puskesmas, Forum Lingkungan Hidup, Pendamping PKH serta karyawan kecamatan Berbah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.