Angka Bebas Jentik Dusun Semoya Capai 87,66%

Gerakan gotong royong pemberantasan sarang nyamuk (Gentong Banyu) Jumat, 20 September 2019 berlangsung di dusun Semoya, Tegaltirto. Gentong Banyu kompak dihadiri jajaran Muspika beserta karyawan-karyawati dari Kecamatan Berbah, Puskesmas, KUA, PKH, Koramil dan Polsek Berbah.

Para juru pemantau jentik (Jumantik) juga mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan jentik di penampungan air seperti, kolam, kamar mandi dan lain-lain. Berdasarkan pantauan di masing-masing RT di dusun Semoya diperoleh hasil Angka Bebas Jentik (ABJ) 86,77%. Hal ini berdasarkan pemeriksaan jumantik yang dibacakan oleh dokter Martin, dari sample 6 RT telah diperiksa sebanyak 120 rumah tangga dan diperoleh hasil sebanyak 16 rumah tangga yang positif berjentik.

Menindaklanjuti hasil pemeriksaan jentik tersebut, Camat Berbah, Wildan Solichin, menghimbau agar warga masyarakat termasuk karang taruna, ibu-ibu PKK dapat bahu membahu menjaga kebersihan lingkungannya agar nyamuk tidak bersarang. Jika terdapat barang-barang bekas yang memungkinkan nyamuk bersarang maka segera ditimbun.

Setelah pemeriksaan jentik di rumah warga selesai, acara dilanjutkan dengan sosialisasi tes IVA oleh bidan penyelia Puskesmas Berbah, Indarti. Disampaikan Indarti bahwa bulan September merupakan bulan sosialisasi IVA dan bulan Oktober akan diselenggarakan gathering untuk Tes IVA bagi pasangan usia subur yang ada di wilayah Kemacamatan Berbah. Indarti menghimbau kaum perempuan untuk berpartisipasi mengikuti tes IVA guna deteksi dini kanker serviks.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.