ABJ Padukuhan Klodangan Masih Berkisar 75%

Angka bebas jentik padukuhan Klodangan berkisar di angka 75% dari ABJ standar 95%. Angka tersebut tentu saja masih jauh dari ideal, dikarenakan dari 61 rumah tangga yang diperiksa petugas jumantik, masih terdapat jentik-jentik di 15 rumah tangga. Demikian laporan yang disampaikan dr. Hari Pratono, Kepala Puskesmas Berbah dalam kegiatan gentong banyu yg rutin dilakukan oleh gabungan staf Kecamatan Berbah, Perangkat Desa, Koramil, Polsek, PKH, BPD , FLH serta Puskesmas Berbah.

Lebih lanjut dilaporkan oleh dokter Valeri dari Puskesmas Berbah bahwa saat ini tidak lagi gerakan 3 M namun sudah menjadi 4 M plus yaitu menguras, menutup, mengubur dan memantau. Terlebih lagi nyamuk DB berkembang biak di air yang bersih, bukan air kotor sehingga diharapkan agar gerakan 4M tersebut dapat semakin digalakkan.

Sementara itu, Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT menyatakan bahwa gerakan gentong banyu tersebut hanyalah stimulan, yang lebih dominan lagi adalah peran warga masyarakat yang dapat menjaga kebersihan lingkungannya.

Recommended For You

About the Author: Aan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.