ABJ Dusun Sanggrahan Hanya Capai 77%

Kegiatan Gentong Banyu yang dilaksanakan setiap bulan pada kesempatan bulan Desember dilaksanakan di dusun Sanggrahan, Jumat , 20 Desember 2019. Warga dusun Sanggrahan bersama-sama karyawan Kecamatan Berbah dan para pendamping PKH bergotongroyong membersihkan sampah-sampah yang ada. Sementara para jumantik dari Puskesmas Berbah memeriksa tempat-tempat penampungan air di setiap rumah warga.

Dari hasil pemeriksaan jumantik, diperoleh hasil bahwa angka bebas jentik (ABJ) dusun Sanggrahan mencapai 77,9%. Hal tersebut disampaikan oleh dokter Habib yang melaporkan hasil pantauan para jumantik. Dari 86 rumah warga di tiga RT yang disambangi jumantik, terdapat 19 rumah yang masih terdapat jentik-jentik nyamuknya.

Berkenaan dengan hal tersebut, dokter Habib menyarankan agar masyarakat lebih waspada karena tidak semua jentik ditemukan di kamar mandi. Jentik dapat ditemukan di semua tempat yang bisa menampung air, seperti ban bekas, pot bunga, air genangan di tanah dan sebagainya. Dengan kewaspadaan tersebut, diharapkan mampu meminimalisir jumlah kasus demam berdarah.

Recommended For You

About the Author: Aan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.