Prestasi Tahun 2017

Berdasarkan Laporan Pelaksanaan Tugas Pemerintah Kabupaten Sleman Kecamatan Berbah Tahun 2018, Kecamatan Berbah berhasil memperoleh prestasi yang berupa kejuaraan dan penghargaan baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Adapun prestasi yang diperoleh dari lomba tingkat provinsi dan nasional adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Adhikarya Pangan Nusantara, Juara I Tingkat Provinsi Kategori Pembina Ketahanan Pangan, dengan prestator Susilo Nugroho, S.IP (Kepala Desa Tegaltirto)
  2. Kelompok Ternak Berprestasi, Juara Tingkat Nasional (10 Besar Kelompak Ternak), dengan prestator Kelompok Ternak Sapi Lembu Karya, Blendangan Tegaltirto Berbah Sleman.

Pembina Ketahanan Pangan dalam lomba Adhikarya Pangan Nusantara dinilai berdasarkan upaya yang telah dilakuakan untuk menggerakkan masyarakat dalam bidang ketahanan pangan, pembinaan terhadap kelompok-kelompok tanaman pangan, kelompok ternak dan kelompok pertanian lainnya, pembinaan terhadap kelompok usaha yang memasarkan hasil pangan, serta upaya dalam mengembangkan potensi desa yang berhubungan dengan ketahanan pangan.

Sementara, KelompokĀ  Ternak Berprestasi dinilai berdasarkan dinamika kelompok dalam pelaksanaan kegiatan, daya dukung kelompok terhadap ketersediaan pangan, pengaruh kelompok dalam menggerakkan masyarakat.