Ketua TP PKK Berbah : Tingkat Partisipasi Tes IVA Kecamatan Berbah Masih Rendah

Ketua TP PKK Kecamatan Berbah , Dr. Ane Permatasari, MA mengungkapkan bahwa partisipasi perempuan dalam melakukan tes IVA (inspeksi visual asam asetat) di Kecamatan Berbah masih rendah. Hal tersebut berdasarkan pada laporan dari puskesmas Berbah dalam menjaring peserta tes IVA selama ini.

Berkenaan dengan hal tersebut, dalam rangka sosialisasi tes IVA di bulan September ini , Ane mengajak ibu-ibu PKK Desa untuk dapat memotivasi pasangan usia subur (PUS) yang ada di desanya untuk berpartisipasi mengikuti tes IVA tersebut.

Saat ini terdapat sekitar 9000-an pasangan usia subur di Kecamatan Berbah. Hal ini disampaikan oleh Bidan Penyelia UPT Puskesmas Berbah, Indarti pada saat menyampaikan penyuluhan IVA di ruang rapat Kecamatan Berbah, Jumat 6 September 2019. Ada saja alasan peserta tes agar tidak ikut tes IVA. Dapat dilihat bahwa pada bulan Mei 2019 hanya kaum perempuan berusia diatas 50 tahun yang mengikuti tes IVA, sedangkan pada bulan Juni tidak ada peserta IVA hingga sekarang. Disampaikan pula oleh Indarti bahwa akan diselenggarakan IVA Gathering pada bulan Oktober di Kecamatan Berbah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.