Ketua RT dan RW Ikuti Pembinaan Kelembagaan

Bertempat di Pendopo Kepanjen Kecamatan Berbah,  Rabu, 10 April 2019 diselenggarakan pembinaan terhadap lembaga kemasyarakatan desa (RT dan RW) se Kecamatan Berbah. Pembinaan dipimpin oleh Kepala Seksi Pemerintahan, Ari Wibowo, SIP dengan narasumber  Camat Berbah dan dari Dinas PMD, Kepala Seksi Pengembangan dan Kelembagaan Desa,  Y. Purnama Kristawan, MIP.

Pembinaan tersebut dihadiri oleh ketua RT, RW dan Kepala Seksi Pemerintahan masing-masing desa di Kecamatan Berbah. Pada arahannya, Camat Berbah memberikan penjelasan mengenai kondisi setelah Pemilu. Pada H+5 setelah pencoblosan, yaitu tanggal 19-23 April 2019 adalah saat-saat riskan terjadinya kekecewaan pendukung yang mengalami kekalahan. Untuk itulah diperlukan partisipasi RT RW dalam mengkondisikan situasi wilayahnya. Terlebih lagi anak-anak SD dan SMP akan melaksanakan ujian mulai tanggal 22 Aril 2019.  Camat menghimbau agar RT dan RW mampu menghidupkan kembali jam belajar masyarakat pukul 19.00-21.00 WIB dengan tidak  merekomendasikan ijin keramaian di wilayahnya.  Sangat diharapkan jika terjadi kesepakatan bersama untuk tidak menyalakan televisi pada saat jam belajar masyarakat tersebut.

Selain itu, Camat juga mengharapkan RT dan RW untuk mencegah potensi terjadinya kriminalitas yaitu adanya miras dan narkoba di lingkungan sekitar. “Agar masyarakat jangan sampai lengah dengan kondisi sekitarnya, jika ada tamu yang datang maupun pendatang di wilayah saudara untuk diperhatikan dan diwaspadai”, demikian tegas Camat.

Selanjutnya, narasumber dari Dinas PMD, Y. Kristiawan menyampaikan meteri mengenai kebeadaan lembaga kemasyarakatan RT dan RW yang tertuang dalam Permendagri Nomor 18 Tahun 2018. Selain itu juga mengenai peraturan bupati yang mengatur mengenai lama jabatan kepengurusan RT dan RW.***

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.