“Gentong Banyu” di Demangan Dorong Warga Untuk Terapkan PHBS

Segenap jajaran aparat pemerintah kecamatan beserta Muspika Kecamatan Berbah serta para kepala UPT mengikuti gotong royong rutin “Gentong Banyu” di padukuhan Tangkisan Demangan, Kalitirto, Jumat 29 Maret 2019. Dipilihnya padukuhan Demangan ini dikarenakan di wilayah padukuhan tersebut banyak warga yang terjangkit demam berdarah.

Selain gotong royong, petugas jumantik (juru pemantau jentik) juga berkeliling mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan jentik di kamar mandi, serta tempat penampungan air lainnya. Di wilayah kecamatan Berbah terdapat 8 kasus positif DB, 5 kasus diantaranya terjadi di padukuhan Demangan Tangkisan tersebut. Berdasarkan pemeriksaan jumantik di 98 sasaran di 5 RT padukuhan Demangan, diperoleh angka bebas jentik (ABJ) 86,73%.

Pada kesempatan tersebut, Camat Berbah, Wildan Solichin, mengharapkan agar kegiatan gentong banyu tersebut benar-benar dapat mendorong warga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) mutlak diperlukan dalam melakukan pencegahan penyakit.  Terlebih lagi di musim penghujan ini banyak penyakit yang muncul seperti demam berdarah, leptospirosis, diare dll.***

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.