Warga Penggiat Pengelolaan Sampah Mandiri Ikuti Pelatihan

Para penggiat pengelola sampah di Kecamatan Berbah mengikuti pelatihan pemanfaatan sampah yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, Kamis 28 Maret 2019 di pendopo Kepanjen Kecamatan Berbah. Bertindak selaku narasumber dalam pelatihan ini adalah Forum Lingkungan Hidup Kecamatan Berbah (FLH).

Forum lingkungan hidup Kecamatan Berbah, yang diwakili oleh Sekretarisnya Awang Kurniawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa  pelatihan tersebut dimaksudkan untuk berbagi ilmu mengenai pengelolaan sampah mandiri. Saat ini TPA Piyungan telah mengalami kelebihan kapasitas sehingga diperlukan kesadaran masyarakat untuk dapat mengelola sampahnya secara mandiri dengan memilah dari rumah.

Seksi  Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Sleman yang diwakili oleh Suryantono menjelaskan bahwa saat ini sampah jika dikelola dengan baik maka dapat menjadi berkah bagi warga masyarakat. Dari 58 dusun yang ada di kecamatan Berbah, baru ada 17 kelompok pengelola sampah mandiri. Jumlah tersebut tentu saja masih belum memadai bagi pengelolaan sampah di Berbah.

Dinas Lingkungan Hidup senantiasa mendukung dan memberikan bantuan kepada kelompok pengelola sampah mandiri yang menhendaki adanya pelatihan, sosialisasi maupun studi banding ke wilayah yang memiliki pengelolaan sampah. Pemerintah Kabupaten Sleman mengharapkan sampah dapat dikelola karena lingkungan bukanlah warisan nenek moyang namun titipan anak cucu kita. Terlebih lagi jika warga masyarakat dapat mengelola sampah, mendaur ulangnya maka dapat memberi tambahan penghasilan. Suryantono mengharapkan agar bagi warga yang memiliki keahlilan dan pengetahuan dalam mendaur ulang sampah untuk berbagi ilmunya dengan warga masyarakat lainnya. Diharapkan pula agar dalam pengelolaan sampah tersebut melibatkan generasi muda yang tergabung dalam karang taruna agar kesadaran untuk mengelola sampah juga tumbuh dikalangan anak-anak muda, tidak hanya para orangtua saja.

Selanjutnya, anggota FLH memberikan pelatihan membuat kerajinan dari cincin plastik dari kemasan air minum dalam kemasan gelas. Peserta pelatihan dibagi dalam kelompok-kelompok dan diberi bahan berupa tali dan cincin dari gelas plastik bagian atasnya. Barang bekas tersebut kemudian dibentuk sedemikian rupa menjadi tas, keranjang buah, dan bentuk lainnya, ***

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.