Camat Berbah Buka Pelatihan Pendidik PAUD Berjenjang Tingkat Lanjut

Para pendidik PAUD se-Kecamatan Berbah mengikuti pelatihan Pendidik PAUD Berjenjang tingkat lanjut di Ruang Rapat Lantai II Kecamatan Berbah, Senin 26 Agustus 2019. Pelatihan yang akan berlangsung hingga 3 September 2019 diikuti oleh sekitar 30 orang pendidik PAUD tersebut dibuka oleh Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT disaksikan oleh Kepala UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Berbah, Mayang Sutrisna, S.Pd, MM dan Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Dra. Sri Sumiyatun.

Dalam kata sambutannya, Camat Berbah mengharapkan agar memiliki kemampuan untuk memahami bagaimana uniknya seorang anak. Hal ini dikarenakan me-manage anak sangatlah berbeda dengan me-manage orang dewasa. Diharapkan pula agar para peserta pelatihan dapat mengambil manfaat dari pelatihan tersebut agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam mendidik anak di jenjang usia dini.

Jalan Santai Dalam Rangka HUT RI Diikuti 1500-an Peserta

Jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kecamatan Berbah diikuti oleh kurang labih 1500 peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Bendera start jalan sehat dikibarkan oleh Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT pada pukul 07.00 WIB mengambil rute Kecamatan ke barat menuju dusun Klayar ke selatan sampai dusun Munggon kemudian menuju Krikilan dan Kadisono hingga Kantor Desa Tegaltirto dan finish di Kecamatan.

Peserta jalan sehat sebagian besar merupakan siswa-siswi SD, SMP dan SMK di wilayah Kecamatan Berbah serta kantor desa, UPT Yandik, Polsek, Koramil dan komunitas TRB, Relaber, PIK R, PKH dan Forum Lingkungan Hidup. Setelah peserta finish dan berkumpul di Halaman Pendapa Kecamatan kemudian dihibur oleh hiburan organ tunggal dan diselingi dengan pembagian doorprize.

Doorprize utama berupa 2 buah sepeda diraih oleh seorang siswi SMPN I Berbah dan seorang ibu kader dari dusun Kranggan I. Doorprize lainnya dari sponsor berupa 2 kompor gas, 1 dispenser, 5 tas backpack serta doorprize lainnya.

UMKM Kecamatan Berbah Ikuti Pelatihan Bisnis School

UMKM di Kecamatan Berbah mengikuti pelatihan UMKM menuju era digital di aula lantai II Kecamatan Berbah, Rabu 21 Agutus 2019. Acara berlangsung sangat komunikatif karena anggota UMKM aktif bertanya kepada narasumber dari Gapura Digital. Tanya jawab dipandu oleh Mas Bowi dari Gapura Digital.

Dari tanya jawab tersebut dapat disimpulkan bahwa ternyata anggota UMKM Kecamatan Berbah sangat antusias untuk memajukan usahanya dengan memiliki akun bisnis pada platform digital yang ada seperti facebook, instagram dan sebagainya.

Dalam penjelasannya, Bowi menyampaikan manfaat memiliki usaha secara online. Keuntungannya diantaranya yaitu biaya operasional yang rendah, biaya pemasaran yang fleksibel serta dapat memulai bisnis dengan cepat dan meminimalisasi resiko. Juga disampaikan bahwa lebih baik memisahkan akun pribadi dan akun bisnis dengan memiliki fanpage sendiri maupun akun baru lainnya. Bowi juga menjelaskan kegunaan penggunaan pembayaran digital yang dapat memudahkan transaksi online yang dilakukan para pelaku usaha.

Sosialisasi Dana Bergulir Bagi Pelaku Usaha di Kecamatan Berbah

Kecamatan Berbah bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu menyelenggarakan sosialisasi IUMK (Izin Usaha Mikro dan Kecil) dan dana bergulir di Pendapa Kepanjen Kecamatan Berbah, Selasa 20 Agustus 2019.

Sosialisasi diikuti oleh para pelaku usaha dan kasie pelayanan umum di desa dengan narasumber dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yang menyampaikan materi mengenai dana bergulir bagi pelaku usaha yang sudah memiliki IUMK . Narasumber dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yaitu Budiarto, SE, Kepala Seksi Fasilitasi, Layanan dan Pembiayaan dan narasumber dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu yaitu Romiyati, SE, Kepala Sub Bag Perencanaan dan Evaluasi.

Upacara Bendera HUT ke 74 Di Lapangan Tegaltirto Berlangsung Khidmat

Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Berbah dilangsungkan di Lapangan Tegaltirto, Sabtu 17 Agustus 2019 yang dimulai pada pukul 07.30 WIB.

Peserta upacara terdiri dari siswa-siswi SD, SMP, SMK, PNS, Kemenag Berbah, Perangkat Desa, UPT Yandik, Polsek, Koramil, IGTK, Himpaudi, Pendamping PKH, Mahasiswa KKN, Komunitas TRB, Relaber, Jagawarga, Linmas serta Bregodo Kejawen se Kecamatan Berbah. Korsik yang bertugas dari SDN I Tanjungtirto dan paduan suara dari SMPN II Berbah.

Bertindak selaku inspektur upacara, Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT dan didampingi ajudan Kepala Seksi Pemerintahan, Ari Wibowo, SIP. Sedangkan Komandan upacara yaitu Ipda Widada, Panit Sabhara Polsek Berbah , Perwira Upacara Iptu Eko Udi Susanto, Panit reskrim Polsek Berbah. Sedangkan Komandan Paskibra, Muhammad Wafi Muzaki dari SMK Nasional.

Upacara didahului dengan defile marching band dari SMP Muhammadiyah Berbah asuhan Bapak Kuntoro dan Bapak Hasan dilanjutkan dengan tari kolosal dari SMPN III Berbah dengan judul ” Krido Jati Roso” asuhan Bapak Agus.

Di akhir acara juga dilakukan penyerahan hadiah lomba keteduhan dan kebersihan lingkungan yang diraih oleh dusun Blendangan sebagai juara pertama, dusun Klakah juara kedua dan dusun Bedilan juara ketiga.

Paskibra Kecamatan Berbah Dikukuhkan

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) pada Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI dikukuhkan Kamis 15 Agustus 2019 pukul 15.00 WIB di Pendapa Kepanjen Kecamatan Berbah. Pengukuhan dilakukan oleh Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT, dan disaksikan oleh jajaran Muspika serta para kepala sekolah siswa-siswi yang menjadi anggota paskibra Berbah.

Anggota Paskibra Kecamatan Berbah yang berjumlah 76 siswa tersebut terdiri dari siswa-siswi SMK Nasional, SMK Yapemda dan SMK Muhammadiyah Berbah.

Pengukuhan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dilanjutkan pembacaan Janji Darma Bakti Taruna Sinatriya dan Janji Taruna Merah Putih yang ditirukan oleh seluruh anggota Paskibra. Pengukuhan diakhiri dengan tanda kesetiaan putera Indonesia diiringi lagu “Bagimu Negeri”.

Petugas Upacara Bendera HUT ke 74 Kemerdekaan RI Lakukan Gladi Kotor

Selasa, 13 Agustus 2019 pasukan pengibar bendera Kecamatan Berbah yang akan bertugas pada Upacara Bendera HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Berbah melakukan gladi kotor di lapangan desa Tegaltirto. Gladi kotor dihadiri langsung oleh Camat Berbah, Kapolsek Berbah dan perwakilan dari Koramil Berbah.

Paskibra terdiri dari siswa-siswi SMK Muhammadiyah Berbah, SMK Yapemda dan SMK Nasional. Paduan suara yang akan bertugas menyanyikan lagu-lagu kebangsaan yaitu dari SMPN II Berbah dan diiringi oleh Korsik dari SDN Tanjungtirto I. Bertugas sebagai pembaca teks UUD 1945 yaitu Kepala UPT Yandik, sedangkan doa akan dibacakan oleh Kepala KUA Berbah.