Camat Lakukan Grand Opening Toko Mitra Utama Milik BKAD Kecamatan Berbah

PNPM BKAD BERBAH kini memiliki sebuah toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari bagi warga Kecamatan Berbah yaitu Toko Mitra Utama. Camat Berbah mewakili Bupati Sleman melakukan Grand Opening Toko Mitra Utama pada Rabu 24 Juli 2019.
Grand Opening dihadiri oleh jajaran Muspika, perwakilan Bappeda Sleman, Dinas PMD Sleman dan para kepala desa. Gedung kantor dan toko Mitra Utama tersebut dibangun dengan biaya Rp. 707.327.000 dan modal toko Rp. 200.000.000.

Sebelumnya, dalam rangka grand opening tersebut, BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Berbah menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Diantaranya yaitu pemeriksaan kesehatan gratis selama 3 bulan bekerjasama dengan Puskesmas Berbah. Selain itu juga khitanan masal 20 anak, donor darah yang diikuti 78 pendonor, pemberian bantuan alat tulis untuk 20, santunan lansia untuk 100 orang .

Dalam sambutannya, Camat Berbah, Wildan Solichin memberikan apresiasi kepada BKAD Kecamatan Berbah yang dulunya bernama PNPM. PNPM Kecamatan Berbah merupakan salah satu PNPM Mandiri Pedesaan yang masih eksis, dan kegiatan yang dilakukan BKAD ini memberikan manfaat yang sangat besar untuk kemaslahatan bagi masyarakat. Keberhasilan BKAD dapat dapat berkembang dengan baik tersebut merupakan kerjasama yang harmonis dengan mitra dan masyarakat.

Siswa-Siswi SMP-SMA Ikuti Sosialisasi PIK R

Kecamatan Berbah bekerjasama dengan Badan KB menyelenggarakan Sosialisasi PIK R di Pendapa Kepanjen Kecamatan Berbah. Sosialisasi dihadiri oleh siswa siswi SMP dan SMA/SMK di wilayah Kecamatan Berbah. Sedangkan narasumber yang menjadi pemateri dalam sosialisasi tersebut yaitu Tim Pembina PIK R Kabupaten Sleman serta Agustinus Isdiriyanta, Kepala Seksi Bina Ketahanan Keluarga dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sleman.

Pada kesempatan tersebut, Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT menyampaikan harapannya agar para remaja ini mampu memantaskan diri menjadi remaja yang berkarakter agar di masa depan siap menghadapi berbagai tantangan yang terjadi. Selain itu, Camat juga menjelaskan bahwa saat ini usia pernikahan bagi calon pengantin telah didewasakan, yaitu 21 untuk perempuan dan 25 untuk laki-laki. Hal ini dikarenakan angka perceraian pernikahan dini mencapai 50%. Untuk itu, pendewasaan usia pernikahan sangatlah penting mengingat ketika telah menikah, sepasang suami istri harus menghadapi berbagai tantangan hidup berumahtangga dengan mental yang kuat. Sedangkan bagi pasangan usia dini masih menonjolkan emosinya sehingga mudah sekali terjadi perceraian.   

Siswa Sekolah Dasar Peroleh Pelatihan Gerakan Melawan Jentik

Para siswa sekolah dasar dari perwakilan sekolah dasar di wilayah Kecamatan Berbah mengikuti sosialisasi gerakan melawan jentik (Gelatik) di Pendapa Kepanjen Kecamatan Berbah, Kamis 18 Juli 2019. Sosialisasi dihadiri oleh Camat Berbah, dan sebagai narasumber adalah Suparmi Rantono dari Puskesmas Berbah. Camat mengharapkan agar sosialisasi bagi siswa sekolah dasar ini dapat menjadi langkah awal deteksi penyakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan demam berdarah masih menjadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh kebersihan lingkungan sekitar. Pasukan Gelatik yang dimiliki setiap sekolah nantinya diharapkan dapat mengurangi jumlah penderita DB di Kecamatan Berbah.

Sosialisasi diawali dengan menyanyikan lagu pasukan Gelatik yang diciptakan oleh bunda PAUD, Dra. Tina Hastani, MM. Narasumber yang akrab dipanggil Mbak Mamik ini kemudian menjelaskan bagaimana cara mengidentifikasi jentik-jentik di lokasi-lokasi maupun tempat-tempat yang rawan bagi perkembangbiakan jentik-jentik nyamuk.

Pemerintah Desa Jogotirto Serahkan Bantuan Untuk Kelompok Difabel Desa

Bantuan sarana prasarana bagi difabel diserahkan oleh Pemerintah Desa Jogotirto kepada Kelompok Difabel Desa (KDD) Jogotirto dengan disaksikan oleh Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT. Penyerahan bantuan berlangsung di Sekretariat KDD Jogotirto, yaitu Rumah Ketua KDD Jogotirto, Bapak Widodo, Selasa 16 Juli 2019. Acara penyerahan juga disaksikan oleh anggota KDD, tokoh masyarakat, perwakilan PKK desa serta Kuni Fathonah dari SIGAB.

Bantuan yang diserahkan berupa satu set blender, kursi beroda, etalase besar dan etalase kecil. Bantuan satu set blender ditujukan kepada difabel yang akan berjualan jus, kursi berroda untuk membantu mobilitas seorang difabel agar dapat berjalan didalam rumah. Sedangkan etalase besar berfungsi sebagai pajangan kerajinan tangan berupa dompet, tas dan sepatu.  

Pada kesempatan tersebut, Camat Berbah mengharapkan  agar para difabel tidak perlu merasa rendah diri maupun merasa sensitif. Hal ini dikarenakan tidak ada perbedaan diantara difabel maupun masyarakat lainnya. Justru diharapkan para difabel mau bersosialisasi di masyarakat agar masyarakat juga dapat berempati terhadap para difabel.

LKS Tirto Wening Dievaluasi Dalam Seleksi LKS Berprestasi Tingkat DIY

LKS Tirto Wening memperoleh kesempatan dikunjungi langsung oleh Tim Evaluasi tingkat Propinsi DIY, Senin 15 Juni 2019. Tim evaluasi yang dipimpin oleh Sulistiyo dari Dinas Sosial DIY diterima langsung oleh Camat Berbah, Wildan Solichin, SIP, MT di lokasi LKS di Tegaltirto, Berbah. Camat dalam kata sambutannya berharap agar penilaian diberikan secara obyektif berdasarkan fakta di lapangan tanpa ada pengaruh dari manapun. Hal ini dikarenakan keberadaan LKS Tirto Wening adalah untuk memberikan kemafaatan bagi lansia.

Sementara itu program-program LKS Tirto Wening yang menjadi unggulan yaitu program Bahtera ( Lansia Bahagia Sejahtera), Home care 2 kali seminggu, JSLU ( Jaminan Sosial untuk Lansia) sebesar Rp. 900.000,-pertahun, serta daycare berupa senam lansia setiap hari Sabtu.

Ketua TP PKK Berbah : Jangan Sampai Ada Anak Usia Sekolah di Berbah Tidak Dapat Bersekolah

Bertempat di ruang rapat lantai dua Kantor Kecamatan Berbah, PKK Kecamatan Berbah mengadakan pertemuan rutin sekaligus syawalan pada Selasa 2 Juni 2019. Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan masing-masing TP PKK Desa Sendangtirto, Tegaltirto, Kalitirto dan Jogotirto serta KUA Berbah, Puskesmas, Bhayangkari dan wakil Persit Kartika Chandrakirana Koramil Berbah.

Ketua TP PKK Kecamatan Berbah, Dr. Anne Permatasari memberikan kata sambutan yaitu pesan-pesan agar jangan sampai ada anak usia sekolah di Kecamatan Berbah ini yang tidak sekolah. Jika hal tersebut terjadi, Anne mengharapkan agar segera dilaporkan kepada Camat agar segerra dicarikan solusinya. Terkait dengan sistem zonasi, Anne berharap para orangtua mampu memahami sistem tersebut dengan baik sehingga apa yang terjadi di masa-masa awal diterapkannya sistem zonasi tersebut nantinya menjadi pengalaman kedepan.

Selain itu di masa-masa liburan seperti ini, diharapkan para orangtua mewaspadai anak-anaknya agar tidak kecanduan gadget. Mengingat kecanduan gadget belum ada obatnya dan kecanduan gadget lebih parah daripada kecanduan narkoba. Selama ini, kecanduan gadget hanya dapat ditanggulangi dengan rumah sakit jiwa.

Pada hikmah syawalan yang disampaikan oleh Muhammad Anis dari KUA Kecamatan Berbah, dijelaskan mengenai hal-hal apa saja yang harus diamalkan di bulan syawal seperti puasa sunnah 6 hari, menyambung tali silaturahim dan memberikan maaf kepada orang lain.

FBS UNY Beri Pelatihan Tata Naskah Dinas

Program pengabdian masyarakat Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) bekerjasama dengan Kecamatan Berbah menyelenggarakan pelatihan tata naskah dinas bagi pegawai kantor Kecamatan Berbah dan perangkat desa se Kecamatan Berbah. Pelatihan berlangsung pada hari Senin, 24 Juni 2019 mulai pukul 09.00 WIB hingga Pukul 15.00 WIB di Ruang Pendapa Kepanjen Kecamatan Berbah.

Narasumber yang hadir memberikan materi bahasa surat dinas yaitu Dr. Teguh Setiawan, M.Hum, sedangkan Dr. Hartono, M.Hum menyampaikan materi bagian-bagian surat dinas. Pada akhir sesi, dilakukan praktik penulisan surat dinas yang dipandu oleh Prof. Dr. Suroso, M.Pd.

Peserta pelatihan yang hadir sebagian besar merupakan pegawai yang menangani surat-surat di kantor kecamatan Berbah dan Kantor Kelurahan. Menurut Sekretaris Camat, Edhi Margono, S.Sos., pelatihan tata naskah dinas tersebut sangat bermanfaat bagi para petugas administrasi yang menangani masalah surat-menyurat. Terlebih lagi keberadaan surat merupakan bukti tertulis yang memiliki kekuatan hukum. Surat juga merupakan dokumen penting bagi perumusan kebijakan pimpinan maupun pengambilan keputusan. Untuk itu pengetahuan dan wawasan mengenai surat dinas yang baik dan benar sangat diperlukan bagi para pegawai.