Sosialisasi PTSL (Pendaftaran tanah Sistem Langsung) oleh BPN Sleman di Desa Sendangtirto, Berbah Sleman

Senin (19/02), BPN Sleman akan melanjutkan kegiatan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistem Langsung) di Desa Sendangtirto, Berbah Sleman pada tahun 2018 ini. Kegiatan PTSL ini akan menyasar sebanyak 500 sertifikat warga Desa Sendangtirto dengan target 4000 bidang. Kegiatan ini merupakan turunan dari Program Nawa Cita yang dimiliki Presiden Indonesia, Joko Widodo dengan target pemenuhan kebutuhan hak kepemilikan tanah bagi seluruh warga Indonesia secara legal.

Pelaksanaan PTSL pada tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya dilaksanakan secara sporadis, namun pada hari ini dilaksanakan per blok, sehingga dimungkinkan pada tahun ini seluruh warga Desa Sendangtirto dapat memiliki setifikat kepemilikan tanah secara urut blok. Namun BPN Sleman juga menyadari kesulitan di lapangan, sehingga jika program ini belum selesai akan dilanjutkan dengan PTSL tahun berikutnya.

Kegiatan PTSL ini bersifat pelayanan murni kepada masyarakat atau bersifat gratis. Masyarakat hanya perlu mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan oleh BPN Sleman.