Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman

Melayani Dengan TERAMPIL

Month: December 2016

Stop BABS Percepat Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Berbah

Untuk mempercepat peningkatan akses Sanitasi total Berbasi Masyarakat (STBM)di wilayah Kecamatan Berbah, telah dilaksanakan pendekatan berbasis masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mengubah perilaku hygiene sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan Stop BABS yang merupakan salah satu pilar STBM.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Kecamatan Berbah, Rabu 7 Desember 2016. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kesepakatan Sustainable Development Goals dan rencana program Forum Komunikasi Kecamatan Sehat tahun 2016, dimana targetnya adalah seluruh desa di Kecamatan berbah telah dideklarasikan sebagai desa Stop BABS.

Menurut salah satu Tim STBM Berbah, Suparmi Rantono, AMKL mengatakan bahwa Stop BABS dimaksudkan untuk memicu kesadaran masyarakat agar tidak melakukan BABS guna meningkatkan akses penggunaan jamban/WC. Selain itu juga dimaksudkan untuk menurunkan angka kejadian diare dan penyakit berbasis lingkungan yang berkaitan dengan sanitasi.

STBM Stop BABS di Berbah telah dimulai yahun 2014 hingga tahun 2016 ini dengan kegiatan berupa advokasi, orientasi, pemicuan serta deklarasi. Di tingkat desa, deklarasi telah dilakukan di desa Sendangtirto 13-11-2016, desa Kalitirto 11-12-2014, desa Tegaltirto 23-12-2015 dan desa Jogotirto 24-10-2016 lalu.***

Upacara Hari KORPRI di Kecamatan Berbah

Selasa, 29 November 2016 dilaksanakan Upacara Hari KORPRI di Kecamatan Berbah. Upacara diikuti oleh segenap PNS di lingkungan Kecamatan Berbah, para Kepala Desa, Kepala Padukuhan dan perwakilan instansi. Bertugas sebagai pembina upacara yaitu Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kecamatan Berbah, Setiharno, SIP. Sedangkan petugas upacara yaitu dari Kanwil Dikpora Kecamatan Berbah.

Pada kesempatan tersebut, pembina upacara membacakan sambutan Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, M.SI yang antara lain intinya yaitu agar anggota KORPRI senantiasa meningkatkan profesionalismenya. Seusai upacara, para peserta kemudian beramahtamah di pendopo Kecamatan Berbah serta menikmati hidangan dan hiburan.