IMG_0143

IMG_0130

Berbah, 30 April 2014, Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Kecamatan Berbah dan TPK Desa Sendangtirto mengadakan jalinan kemitraan dengan PT. Angkasa Pura, RSIY-PDHI Kalasan, Pusat Pengembangan Tanaman Tropis Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dan Kelompok Minapolitan Kecamatan Berbah.

  • Pusat Pengembangan Tanaman Tropis UPN Veteran Yogyakarta menjadikan Dusun Klodangan Desa Sendangtirto sebagai Dusun binaan melalui pengembangan budidaya tanaman pisang mulai pembibitan, pananaman hingga pemrosesan/pengolahan hasil panen.
  • Rumah Sakit Islam Yayasan Persaudaraan¬† Haji Indonesia (RSIY-PDHI) mengadakan jalinan kemitraan melalui program pembinaan, penyuluhan dan ketrampilan bagi lansia dan keluarganya serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para kadernya. Dengan peningkatan pengetahuan serta ketrampilan ini diharapkan para Lansia kedepan dapat mengontrol kesehatan dan menjaga kesehatannya secara mandiri. Dusun Maredan Desa Sendangtirto dipilih sebgai dusun binaan yang nantinya dapat dikembangkan ke Padukuhan lainnya.
  • PT. Angkasa Pura menjadikan Desa Sendangtirto sebagai Desa binaan melalui program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Balita gizi buruk bekerjasama dengan Puskesmas Be rbah. Bantuan bedah rumah dan bantuan pinjaman lunak bagi kelompok masyarakat juga menjadi perhatian untuk ditangani. Dengan mengajukan proposal secara kolektif yang dihimpun oleh TPK Desa Sendangtirto yang direkomendasi oleh Kepala Desa Sendangtrto dan Camat Berbah.
  • Tidak ketinggalan dari Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Forum Minapolitan juga berpartisipasi dengan menyumbangkan sebagian hasil panennya untuk pemenuhan gizi Balita di Posyandu-posyandu se-Kecamatan Berbah.
  • Dalam arahannya, Camat Berbah Dra. Tina Hastani, MM mengharapkan jalinan kemitraan dan kerjasama ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi TPK Kecamatan, Desa dan Dusun serta bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Kecamatan Berbah terutama warga miskin. Kegiatan ini merupakan tindakan nyata TPK untuk bersama-sama membantu warga miskin dalam mengakses bantuan dan kemudahan lainnya. Harapannya warga Kecamatan Berbah akan mampu berdaya secara mandiri dengan memberdayakan seluruh potensi yang ada. Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat yang optimal kepada warga masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sendangtirto pada khusunya dan Kecamatan Berbah pada umumnya. Dengan demikian secara otomatis akan dapat menguarangi angka kemiskinan yang ada di wililayah Kecamatan Berbah.
  • Sebagai kekancingan ditandai dengan penandatanganan Jalinan Kemitraan sebagai bukti telah terjadinya kesepakatan antara PT. Angkasa Pura, RSIY-PDHI Kalasan, Pusat Pengembangan Tanaman Tropis Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dan Kelompok Mina Politan Kecamatan Berbah dengan Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Kecamatan Berbah-TPK Desa Sendangtirto yang dikuatkan oleh Pemerintah Desa Sendangtirto dan Pemerintah Kecamatan Berbah.