Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman

Melayani Dengan TERAMPIL

Author: Aan (page 1 of 3)

Hasil Seleksi Calon Perangkat Desa di Kecamatan Berbah

Setelah melalui seleksi berupa ujian komputer dan ujian tulis beberapa waktu lalu, diperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Sekretaris Desa Jogotirto : Erwin Dwi Hastomo, SE
  2. Kepala Urusan TU & Umum Desa Jogotirto : Vitra Ikayanti, SP
  3. Kepala Urusan Perencanaan Desa Kalitirto : Andang Rudiyanto.
  4. Dukuh Mangunan, Kalitirto : Putri Utha Cahyaningrum
  5. Kepala Seksi kesejahteraan Desa Tegaltirto : Bayu Nurwijaya, SE.,SS.
  6. Dukuh Karangwetan : Anang Sunu Aji
  7. Kepala Urusan Perencanaan Desa Sendangtirto : Erwin Mustaqim
  8. Dukuh Maredan : Muhammad Hidayat

Selanjutnya keputusan tersebut akan dituangkan dalam surat keputusan yang berkekuatan hukum oleh pejabat yang berwenang dan akan dilaksanakan upacara pelantikan di Minggu I dan Minggu II Bulan Juli 2017.***

Rabu 7 Juni 2017, Ujian Tulis Bagi Calon Perangkat Desa

Hari ini, Rabu 7 Juni 2017 berlangsung ujian tulis bagi calon perangkat desa di Kecamatan berbah. Ujian berlangsung di masing-masing balai desa. Ujian tulis dimulai pada pukul 08.00 WIB. Setelah ujian tulis selesai akan langsung dilakukan penilaian oleh Tim Penilai.

Sehari sebelumnya, 6 Juni 2017  juga telah berlangsung ujian komputer bagi calon perangkat desa di Sendangtirto dan Jogotirto. Formasi kepala urusan perencanaan di Sendangtirto diikuti 4 calon dan formasi Kepala Padukuhan Maredan diikuti 3 calon. Sementara formasi Sekdes Jogotirto diikuti 2 calon Sekdes dan formasi Kepala Seksi Tata Usaha dan Umum diikuti 2 calon. Yang menarik dari seleksi ujian komputer tersebut, peserta yang selesai tercepat untuk mencetak dokumen yaitu dalam waktu 13 menit.***

Ujian Komputer Calon Perangkat Desa Berlangsung Hari Ini

Sebanyak 12 calon perangkat desa Tegaltirto dan Kalitirto akan mengikuti ujian komputer pada hari ini, Senin 5 Juni 2017.  Ujian komputer untuk calon perangkat desa Tegaltirto berlangsung di SMPN II Berbah pada pukul 08.00-08.30 WIB sedangkan untuk calon perangkat desa kalitirto akan dilaksanakan pada pukul 13.30-14.00 WIB bertempat di SMK Nasional Berbah.

Ujian di desa Tegaltirto diikuti oleh calon kepala seksi kesejahteraan rakyat sebanyak 2 peserta sedangkan untuk formasi Kepala Padukuhan Karangwetan diikuti 4 orang calon. Untuk desa Kalitirto, calon Kepala Padukuhan Mangunan diikuti oleh sebanyak 5 calon dan untuk formasi kepala urusan perencanaan diikuti sebanyak 3 calon.

Sementara  itu, dari Pemantau Tim Kabupaten Sleman hadir daeri berbagai instansi yang dipimpin oleh Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sleman, H. Prio Handoyo, SH, M.Si.

Semarak Hari Jadi Ke 101 Sleman di Lava Bantal

Guna menyemarakkan Hari Jadi ke 101 Kabupaten Sleman, warga masyarakat Berbah mengikuti berbagai kegiatan lomba yang diselelnggarakan oleh kecamatan berbah di Lava Bantal, Jogotirto, Kamis 27 April 2017. Lomba dimulai sejak pagi hari dan diikuti oleh siswa siswi Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Berbah.

Lomba yang diselenggarakan meliputi dolanan anak untuk tingkat SD, dan  lomba tari tunggal untuk tingkat SMP.  Selain itu juga diselenggarakan lomba masak berbahan ikan yang diikuti oleh kaum ibu dari berbagai padukuhan.

Setelah melalui penjurian, keluar sebagai juara pertama dolanan anak yaitu SD Tanjungtirto, Juara II SD Sumber I, dan juara III yaitu SD Klodangan. Sedangkan juara I Tari Tunggal yaitu SMP I Berbah, juara II yaitu SMP 2 Berbah dan juara III SMP 3 Berbah.

Juara I Lomba Masak dimenangi oleh padukuhan Teguhan dengan masakan Roguet, juara II yaitu Padukuhan Krikilan dengan masakan Lapis Ikan Nila dan juara III diraih oleh Padukuhan Kemasan dengan masakan Schottel.

Masing-masing pemenang memperoleh trophy kejuaraan dan uang pembinaan yang diserahkan pada Upacara Hari Jadi di Kecamatan Berbah pada tanggal 15 mei 2017. ***

Perangkat Desa Ikuti Pembinaan Kearsipan di Kecamatan

Sebanyak kurang lebih 25 peserta mengikuti pembinaan tata kelola arsip di Pendopo Kecamatan Berbah, Kamis, 13 April 2017. Peserta terdiri perangkat desa serta pengelola arsip Kecamatan.  Sedangkan narasumber yang memberikan materi yaitu Herawati Dian elvandari, A.Md dan Catur Heni  Priana, A.Md dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Keduanya merupakan arsiparis Dinas.

Dari pembinaan tersebut terungkap bahwa selama ini yang menjadi kendala dalam pengelolaan arsip di Kelurahan adalah minimnya SDM serta sarana dan prasarana yang dimiliki. Selain itu juga kemauan pengelola arsip untuk melakukan pengelolaan arsip secara maksimal.

BPJS Kesehatan Buka Layanan BPJS Mandiri di Kecamatan

BPJS Kesehatan membuka stan pelayanan di kantor kecamatan Berbah setiap hari Selasa minggu kedua dan keempat setiap bulannya. Layanan dibuka sejak Rabu, 12 April 2017 kemaren hingga akhir bulan Desember 2017. Di stand tersebut akan dilayani pendaftaran BPJS Mandiri dan pemberian informasi segala hal tentang BPJS Kesehatan. Bagi seluruh warga kecamatan Berbah dapat langsung datang ke kantor kecamatan baik untuk mendaftarkan diri maupun bertanya mengenai informasi BPJS.

Pendaftaran juga bisa dilakukan selain hari Rabu namun dengan sistem dropbox. Pendaftar membawa persyaratan berupa fotokopi KTP, Fotokopi KK, rekening tabungan serta foto 3×4 sebanyak 1 (satu) lembar. Pendaftar bisa mengambil formulir di kantor kecamatan dan diisi kemudian dimasukkan ke kotak / dropbox.***

Cakupan Akte Kelahiran di Sleman Belum Capai 70%

Cakupan akte kelahiran di Kabipaten Sleman belum mencapai 70%, demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman, Jazim Sumirat, SH, M.Si. Pernyataan tersebut dikemukakan Jazim Sumirat pada saat memberikan pengarahan dalam acara Sosialisasi Administrasi Kependudukan di Pendopo Kecamatan berbah, 12 Maret 2017 yang lalu.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh para kepala dukuh di Kecamatan Berbah, para pemangku kepentingan administrasi kependudukan, para kader serta kepala instansi terkait. Pimpinan perbankan juga turut diundang dalam sosialisasi tersebut berkaitan dengan penerbitan surat keterangan sebagai pengganti KTP elektronik bagi warga yang belum memiliki KTP elektronik.
Jazim juga menjelaskan bahwa perubahan kewenangan dari pemerintah pusat membawa konsekuensi dan implikasi bagi kepentingan masyarakat. Saat ini warga Sleman yang telah melakukan perekaman KTP elektronik telah mencapai 98% sehingga masih terdapat 23 ribu warga yang belum melakukan perekaman. Pada kesempatan tersebut

Jazim juga menghimbau agar warga masyarakat tidak menghilangkan hak anak, mengingat terdapat konsekuensi hukum didalamnya. Jika seorang anak perempuan tidak memiliki silsilah yang jelas, misalnya nama ayah yang ada dalam KK-nya adalah bukan ayah sebenarnya, maka konsekuensinya adalah ayah dalam KK tersebut tidak berhak menjadi wali nikah anaknya kelak karena bukan wali nasabnya.

Sementara itu mengenai pencetakan KTP elekronik yang belum dicetak karena belum ada blangko, Jazim berharap warga tetap bersabar mengingat Dinas Dukcapil juga memberi solusi dengan mencetak surat keterangan sebagai pengganti KTP. Surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapil terdapat dalam 2 versi yaitu versi yang belum diverifikasi dan yang sudah diverifikasi datanya oleh Kemendagri. Surat keterangan yang berlaku 6 bulan tersebut dapat dipergunakan warga untuk berbagai keperluan baik pemilu, perbankan, kepolisian bahkan urusan imigrasi.***

Older posts