Sosialisasi PTSL (Pendaftaran tanah Sistem Langsung) oleh BPN Sleman di Desa Sendangtirto, Berbah Sleman

Senin (19/02), BPN Sleman akan melanjutkan kegiatan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistem Langsung) di Desa Sendangtirto, Berbah Sleman pada tahun 2018 ini. Kegiatan PTSL ini akan menyasar sebanyak 500 sertifikat warga Desa Sendangtirto dengan target 4000 bidang. Kegiatan ini merupakan turunan dari Program Nawa Cita yang dimiliki Presiden Indonesia, Joko Widodo dengan target pemenuhan kebutuhan hak kepemilikan tanah bagi seluruh warga Indonesia secara legal.

Pelaksanaan PTSL pada tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya dilaksanakan secara sporadis, namun pada hari ini dilaksanakan per blok, sehingga dimungkinkan pada tahun ini seluruh warga Desa Sendangtirto dapat memiliki setifikat kepemilikan tanah secara urut blok. Namun BPN Sleman juga menyadari kesulitan di lapangan, sehingga jika program ini belum selesai akan dilanjutkan dengan PTSL tahun berikutnya.

Kegiatan PTSL ini bersifat pelayanan murni kepada masyarakat atau bersifat gratis. Masyarakat hanya perlu mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan oleh BPN Sleman.

Monitoring Kamling di Wilayah Desa Jogotirto

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban warga dalam kehidupan bermasyarakat dan meningkatkan keamanan wilayah, Kecamatan Berbah mengadakan kegiatan monitoring kamling di Desa Jogotirto pada malam minggu tanggal 27 Januari 2018. Kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan perangkat desa dan dukuh bersama dengan masyarakat setempat ini juga ditemani oleh perwakilan polsek Berbah dan Koramil guna meningkatkan koordinasi keamanan wilayah Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah.

Kegiatan ini yang dipimpin oleh, Arif Marwoto, S.H selaku Camat Berbah dan Sutriyono selaku Kasi Trantib Kecamatan Berbah ini akan dilaksanakan secara rutin dan kontinyu. Diharapkan kegiatan ini meningkatkan keamanan dan dapat menurunkan kerawanan kejahatan hingga semaksimal mungkin.

Kegiatan Peningkatan Kerjasama dengan Aparat Keamanan dalam Teknik Pencegahan Kejahatan di Kecamatan Berbah

Hari Rabu tanggal 24 januari 2018, Arif Marwoto, S.H, selaku Camat Berbah mengadakan acara peningkatan kerjasama dengan aparat keamanan seperti Kapolsek Berbah, Danramil dan Relaber (Relawan Bersama). Kegiatan ini merupakan langkah antisipasi meminimalisir kerawanan keamanan yang sering terjadi di Kecamatan Berbah seperti klitih atau kerusuhan suporter bola. Kegiatan yang dihadiri oleh perangkat desa, koramil, polsek Berbah, relaber dan karyawan Kecamatan Berbah ini diadakan di Pondok Kepanjen Kecamatan Berbah.

Pembinaan Kampung Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Berbah

Hari Senin, 22 Januari 2018 Kecamatan Berbah yang diwakili Seksi Kesejahteraan Masyarakat Kec. Berbah mengadakan kegiatan Pembinaan Kampung KB di Padukuhan Baran, Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman. Kegiatan yang dihadiri PLKB (Penyuluh Lapangan KB), Perangkat Desa, Staf Kecamatan Berbah dan Dukuh Baran, Budi Purwanto ini diselenggarakan di rumah Dukuh Baran.

Kegiatan Pembinaan Kampung KB ini bertujuan untuk mensukseskan program KB guna menambah kesejahteraan masyarakat. Pembinaan ini memang mempunyai visi untuk memprioritaskan kualitas kehidupan masyarakat di masa sekarang, dan mengganti paradigma masyarakat lampau yang beranggapan bahwa kuantitas anak akan berimplikasi pada tingkat kesejahteraan keluarga.

Rapat Koordinasi Pimpinan Kecamatan Berbah Januari 2018

Pada hari Rabu, 17 Januari 2018 jam 09.00 WIB Camat Berbah, Arif Marwoto, S.H, menyelenggarakan kegiatan upacara rutin setiap tanggal 17 di tiap bulan yang dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pimpinan Kecamatan Berbah bersama dengan Kapolres dan Danramil di Pondok Kepanjen Kecamatan Berbah. Rapat ini bertujuan untuk mengkoordinasikan keadaan dan kondisi kewilayahan Kecamatan Berbah yang berkaitan dengan segala hal, baik itu pembangunan, ketertiban, keamanan bahkan kegiatan kemasyarakatan.

Dalam rapat yang dihadiri juga oleh Kepala Puskesmas Berbah, Kades, Kepala BP3K dan Kepala Yandik Kecamatan Berbah memang bertujuan mensinkronisasikan dengan kegiatan seluruh SKPD agar tercipta kegiatan yang dapat

mendukung masyarakat secara optimal dan maksimal. Dalam kesempatan tersebut, Kades Tegaltirto, Susilo Nugroho, menjelaskan adanya pembangunan yang terhenti karena kehilangan support oleh Pemda Kabupaten Sleman. Maka dalam kesempatan ini Kades Tegaltirto berupaya mensinergikan kegiatan desa dengan komponen-komponen di Kecamatan Berbah a